Sabtu, 09 Maret 2013

TERATAI MERAH 3 KELURAHAN SALOK API LAUT PERINGKAT KE-3 LOMBA POS YANDU TINGKAT PROVINSI KALTIM


Pesisir post, februari 2013.  Kembali kecamatan samboja menunjukkan prestasi yang membanggakan. Hal ini dibuktikan oleh kader-kader pos yandu dalam turut berpartisipasi mengikuti lomba pos yandu yang dilaksanakan oleh TP PKK kabupaten kutai kartanegara dan Provinsi Kalimantan timur, Nopember 2012. 
Sebelum pelaksanaan lomba ini, TP PKK Kecamatan Samboja melakukan survai ke beberapa Pos Yandu yang akan mewakili kecamatan dalam lomba tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara. Criteria penilaian berdasarkan, akurasi data dan pencatatan, keaktifan kader-kader dan criteria lainnya.  Demikian yang dikemukan Ida Laila, selaku Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan.  “Kami menyeleksi pos yandu yang akan diikut sertakan dalam lomba, baik tingkat Kabupaten hingga Provinsi.  Tentunya diperlukan persiapan dan dukungan dari semua pihak, baik masyarakat, kelurahan dan kecamatan.  Sehingga perwakilan kecamatan samboja mampu menunjukkan prestasi di tingkat kabupaten,” jelas beliau ketika silaturahim di rumah ketua Pos Yandu Teratai Merah 3.  Beliau didampingi pengurus TP kecamatan, sekaligus membantu persiapan perlombaan tesebut.
Pelaksanaan penilaian Pos yandu Tingkat Kabupaten dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2012.  TP PKK Kecamatan Samboja, Lurah Salok api laut dan jajarannya serta kader Pos yandu teratai merah 3 menyambut tim penilai dari kabupaten.  Beberapa pertanyaan diajukan oleh tim penilai dan dijawab dengan lugas oleh kadar-kader. Pertanyaan seputar penimbangan, pembacaan kMS, sanitasi  LIngkungan hingga pekarangan Tamanan obat (TOGA) baik jenis dan khasiatnya. 
Dari hasil penilaian tim juri kabupaten, maka teratai merah 3 Kelurahan Salok Api Laut Kecamatan Samboja berhak menyandang peringkat pertama dan menjadi perwakilan Kabupaten Kutai Kartanegara di Tingkat Provinsi.  Kabar bahagia ini tidak sertamerta membahagiakan, melainkan sebuah amanah yang sangat besar yang disandang oleh kecamatan samboja untuk mampu berbicara di tingkat lebih tinggi.   Demikian yang disampaikan Sutranstono, S.Sos Selaku Lurah Salok api laut , “Amanah ini harus diapresiasi dengan kerja keras dan diperlukan keseriusan dari stakeholder (pemangku kebijakan) baik dari kelurahan maupun kecamatan untuk menyukseskan lomba ini ,” sambung beliau ketika dihubungi pesisir post.
Penilaian tingkat provinsi dilaksanakan pada tanggal 6 Nopember 2012. Berdasarkan sumber yang dihimpun,  dalam lomba pos yandu tahun ini di ikuti oleh  perwakilian utusan kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Kalimantan Tmur.  
Dari informasi dari Tim Penggerak PKK kecamatan samboja, Pos Yandu Teratai Merah 3 kelurahan salok Api Laut Kecamatan samboja yang mewakili kabupaten kutai Kartanegara berhasil keluar sebagai juara ke-3.  (Fajar)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar