Sabtu, 09 Maret 2013

Amborawang Darat Raih Juara Umum MTQ ke 35 Samboja

Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kecamatan Samboja ke 35, yang seyogyanya dijadwalkan 22-24 Februari 2013, namun mengingat banyaknya peserta dari MTQ Kecamatan Samboja, maka waktu ditambah satu hari menjadi 22-25 Februari 2013, hal ini menunjukkan tingkat partisipasi yang sangat meningkat dan antusias dari seluruh LPTQ dan Kelurahan/Desa di Samboja.
Acara yang diawali dengan penampilan Habsyi dari Kelurahan Salok Api Laut, dan dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia A Nurkhalis, S.Sos, M.Si yang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada khususnya Camat Samboja yang telah mendukung penuh terlaksananya kegiatan tersebut, kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Samboja, Lurah dan Kades se Samboja dimana dari 23 Lurah dan Desa terdapat 18 Lurah dan 1 Kades yang turut membantu pendanaan dengan total dana yang mereka sumbangkan mencapai 36 juta rupiah.
Keluar sebagai Juara Umum adalah Kafilah dari Kelurahan Amborawang Darat dengan jumlah poin 30, sementara juara umum II adalah Kelurahan Handil Baru Darat dengan jumlah poin 26. Sedangkan urutan ketiga di raih oleh Kelurahan Kampung Lama dengan jumlah poin 17.
Biaya lainnya bersember dari Kas LPTQ Kecamatan Samboja sebesar 33 Juta yang mestinya untuk biaya operasional LPTQ tahun 2013, bantuan Bapak Sulis 2 juta, bantuan Bapak Sugeng H 1 juta sehingga total pendapatan berjumlah 72 juta rupiah.
Sementara pengeluaran mencapai 85 juta rupiah, sehingga minus 13 juta rupiah, partisipasi perusahaan-perusahaan di Samboja hingga MTQ ditutup belum satupun yang membantu, padahal proposal telah dilayangkan jauh sebelum pelaksanaan MTQ ke 35 Kecamatan Samboja diselenggarakan.
Dalam sambutan berikutnya adalah pengumuman hasil MTQ ke 35 Samboja yang dibacakan sekretaris Dewan Hakim yang memaparkan daftar juara sebagaimana terdapat di halaman 8 dan 9.
Dalam sambutannya Camat Samboja, Fahmi, SP memaparkan bahwa MTQ merupakan ajang untuk menggali ilmu dan pengetahuan tentang Al Qur’an agar menjadi motivasi guna meningkatkan keilmuan dan menjadikan kwalitasnya yang lebih meningkat.
Pada MTQ ke 36 mendatang, menurutnya direncanakan akan diselenggarakan di Desa Bukit Raya. Camat Samboja juga berharap kepada para Juara yang berhasil memperoleh peringkat 1, dan akan membawa nama baik Samboja di Tingkat kabupaten Kutai kartanegara pada 10-18 Maret 2013 di Kecamatan Muara Muntai.
Kepada peserta yang belum berhasil, Camat Samboja menghimbau agar tidak kecewa, mengingat tidak mungkin semua peserta jadi juara, terus berupaya untuk meningatkan keilmuan tentang Al Qur’an agar masa mendatang kwalitas umat Islam bisa lebih meningkat lagi.
Acara yang juga menampilkan tari kreatif dari binaan KNPI Samboja yang kembali membuat penonton terhipnotis dan terpesona terhadap kepiawaian penari yang begitu apik, penutupan MTQ ke 35 Samboja dengan penampilan Habsyi dari pemenang pertama Habsyi Putra yakni Habsyi Al Arsyadi dari Kelurahan Handil Baru. (A01/**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar