Senin, 11 Maret 2013

Kelurahan Salok Api Laut Juara Pertama pada Cerdas Cermat Posyandu Balita

-->
KELURAHAN SALOK API LAUT JUARA PERTAMA LOMBA CERDAS-CERMAT POSYANDU BALITA

Pesisir Post, Januari 2012. Guna meningkatkan kualitas pelayanan dengan menitiberatkan kepada sosialisasi dan edukasi (pendidikan)  kepada kader-kader pos yandu maka Puskesmas samboja menyelenggarakan lomba cerdas-cermat posyandu balita yang berlangsung pada tanggal 28 Januari 2012 bertempat di lingkungan Pertamina, Balai Irung RT VI kelurahan Sungai Seluang Samboja.
Kegiatan ini diikuti oleh 9 wilayah binaan Puskesmas Samboja.  Meliputi Kelurahan Wonotirto, Desa Karya Jaya, Kelurahan Sungai Seluang, Kelurahan Margomulyo, Argosari, Amborawang Darat dan Laut Serta Salok Api Darat dan Laut.  Masing-masing kelurahan mengirimkan utusan regu yang terdiri dari 3 kader terbaiknya.  Sementara yang terlibat dalam dewan penilai antara lain, perwakilan dari PKK Kecamatan Samboja, Puskesmas Samboja. 
Dr Neni Selaku pimpinan puskesmas dalam sambutannya mengingatkan agar tiap-tiap kader memberikan pelayanan terbaik dalam kegiatan posyandu. “Posyandu merupakan sarana pelayanan kesehatan balita terdepan.  Sehingga para kader yang terlibat senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Dengan demikian dihasilkan anak-anak sehat, cerdas dan berkualitas.”
Materi lomba ditekankan pada tugas dan fungsi posyandu dan aktivitas didalamnya. Misalnya; pemberian imunisasi, pemeriksaaan ibu hamil dan nifas, sistem pengisian KMS, peragaan dan demonstrasi pengisian data, pembuatan larutan oralit serta penyakit yang umumnya ditemui pada balita. 
 Sistem yang digunakan dalam kesempatan ini adalah sistem gugur.  Dalam babak penyisihan, tiga regu diberikan pertanyaan dan regu yang memiliki nilai tertinggi berhak mengikuti babak berikutnya. Dari babak penyisihan menyisahkan tiga regu yang tampil pada babak final. Yaitu Team dari Kelurahan Salok Api Laut, Salok Api Darat dan Sungai Seluang. Ketiga regu ini kembali dilombakan untuk menjadi predikat pertama kedua dan ketiga.
Kelurahan Salok Api Laut ditetapkan sebagai juara pertama setelah memperoleh nilai tertinggi, di susul kelurahan Salok Api Darat dan kader-kader kelurahan Sungai Seluang menempati peringkat ketiga. Setiap pemeneng lomba diberikan piala, piagam dan dana pembinaan.  Tidak ketinggalan doorprice dan souvenir dari sponsor.
Lomba yang diselenggarakan di awal tahun 2012 ini turut di sponspori oleh Pertamina, dan frishin flag. Tentunya Puskesmas samboja adalah pemrakarasa kegiatan ini dengan melibatkan  PKK Kecamatan Samboja sebagai unit kegiatan kewanitaan ditingkat Kecamatan dan Keluarahan (FS01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar