Sabtu, 09 Maret 2013

Musrenbang, Menyaring Aspirasi Masyarakat Salok Api Laut


Musrembang atau musyawarak perencanaan pembangunan merupakan salah satu upaya dalam menyentuh masyarakat dan mensejahterakan warga. Juga sebagai pendekatan untuk meningkatkan kwalitas hidup penduduk. Demikian yang disampaikan Sutranstono, S.Sos, LURAH Salok Api Laut saat membuka murrenbang kelurahan hari rabu (30/1) di Kantor Lurah Salok Api laut. Musyawarah ini dihadiri oleh para ketua RT, tokoh masyarakat, pemuda, kelompok nelayan, petani dan perwakilan perempuan se Kelurahan Salok Api Laut.
Dalam musyawarah ini turut hadir Budianto, S.Sos, MM yang mewakili Camat Samboja kehadiran beliau sesuai dengan Tupoksi sebagai kasi pembangunan masyarakat Desa Kecamatan Samboja. Dalam sambutannya beliau berpesan agar usulan yang dituangkan dalam program kegiatan tahun depan merupakan sebuah kebutuhan bukan sebuah keinginan, karena kebutuhan masyarakatlah yang menjadi prioritas pembangunan khususnya yang menyentuh langsung kepada masyarakat di lingkungan RT. “Upayakan kegiatan atau proyek adalah aspirasi masyarakat, skala prioritas tetap menjadi hal yang utama” ujar Budianto menambahkan.
Ditambahkan lagi bahwa kegiatan terbagi atas beberapa sumber pendanaan yang dimaksud antara lain antara lain APBD Kabupaten, APBN, PNPM CSR dan RKA Kelurahan. Tentunya diharapkan agar setiap kegiatan atau usulan disesuaikan dengan kriteria sumber dana tersebut. Sekiranya kegiatan atau program memerlukan pendanaan yang besar, maka sebaiknya dianggarkan melalui APBD Kabupaten.
Dalam Musrenbang ini, Sutranstono mengingatkan agar hasil yang disampaikan ke Kelurahan telah di ketahui masyarakat, sehingga tidak menimbulkan kesalah atas program yang semestinya dibutuhkan, namun yang terealisasi lain.
“Hasil musrenbang Kelurahan merupakan dokumen Kelurahan untuk diserahkan ke tingkat Kecamatan dan Kabupaten” demikian himbauan Sutranstono, sekaligus menutup acara Musrenbang. (F01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar