Sabtu, 09 Maret 2013

Lounching Kecamatan Paten se Kabupaten Kukar di Muara Jawa






Kecamatan PATEN adalah suatu kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik di Kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan hingga penerbitan dokumen di lakukan melalui satu meja atau loket pelayanan di mana waktu penyelesaian normal satu dokumen 15 menit dan tidak di pungut biaya sama sekali. Maksud PATEN adalah mewujudkan Kecamatan Muara Jawa sebagai pusat pelayan masyarakat dan mewujudkan kepuasan masyarakat sedangkan tujuan PATEN adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pendekatan pelayanan kepada masyarakat.
Louncing /peresmian lima kecamatan yakni Kecamatan Muara Jawa,Tenggarong, loa Janan, Muara badak, Muara Muntai, pelaksanaan administrasi { PATEN } di Kecamatan Muara Jawa berlangsung dengan meriah serta di hadiri dirjen pelayanan umum menteri dalam negeri dari Jakarta, asisten I Provinsi Kalimantan Timur, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widiyasari S.Sos, MM, 18 camat Se-Kabupaten Kutai Kartanegara, Koramil Muara Jawa, Kapolsek Muara Jawa, seluruh Kepala Instansi  Se Kecamatan Muara Jawa, ketua PTK Golkar Muara Jawa, Bapak H. Sudirman Hadi, tokoh ulama, masyarakat, pemuda dan organisasi se-Kecamatan Muara Jawa.
Dengan adanya paten yang dicanangkan oleh Bupati dan dihadiri Dirjen pemerintahan umum Kementerian Dalam Negeri. Pemkab Kukar khususnya Kecamatan Muara Jawa diharapkan maju selangkah lagi. Dalam pelayanan terhadap masyarakat karena dalam program PATEN masyarakat di layani dalam satu pintu atau loket yang sama.serta mempersingkat pelayanan, karena setiap pelayanan masyarakat satu dokumen di target 15 menit serta tampa di pungut biaya. Kami berharap semoga dengan  ditetapkannya Kecamatan Muara Jawa sebagai kecamatan PATEN semoga dapat melaksanakan pelayanan maksimal secara prima kepada masyarakat. Sehingga sesuai dengan program Gerbang Raja yakni sejaterah dan berkeadilan tutur Ahmad Yani tokoh masyarakat dan Ka. Upt SKB Muara Jawa.
    H. Nasrun Waroma, S.Sos, MM sangat merasa bangga atas di tetapkan Kecamatan Muara menjadi tuan rumah kegiatan louncing/peresmian 5 Kecamatan PATEN di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kami juga sangat bersyukur Kecamatan Muara Jawa termasuk dari 5 pelaksana Kecamatan PATEN yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan ditetapkannya Muara Jawa sebagai pelaksana Kecamatan PATEN di harapkan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Pelayanan prima ini tentunya tidak dapat terlaksana dengan baik tampah dukungan dan kerjasama baik antara semua steckholder. Terutama staf Kecamatan yang nama tertera dalam SK paten yang telah di terbitkan pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara.
Selain itu, Nasrun juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kutai Kartanegara dan seluruh hadirin yang telah memberikan kepercayaan kepada Kecamatan Muara Jawa untuk menjadi tuan rumah. Kami juga mengucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan launching PATEN ini terdapat kesalahan dan kehilafan. Karena staff kami telah bekerja secara maksimal demi kelancaran serta kesuksesan kegiatan acara ini. Selebihnya kami serahkan kepada Allah swt.   
Win Untoro kepala seksi wilayah II. Subdit Fasilitas Pelayanan Umum Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menjelaskan bahwa pencanangan Kecamatan PATEN ini telah di rancang oleh Dirjen Pelayanan Umum Kementerian Dalam Negeri sejak tahun 2010 lalu. Namun di tahun 2013 ini belum banyak Kabupaten / Kota yang melaksanakan program PATEN. Dari 120 Kabupaten / Kota baru 23 Kabupaten Kota yang melaksanakan program PATEN. Dan di target di tahun 2014 dari 24 provinsi dan 120 kabupaten kota di harapkan telah menerapkan sistem pelayanan PATEN di Kecamatan-Kecamatan Se-Indonesia.
Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri dalam menyukseskan pelaksanaan PATEN di Indonesia telah menyusun langkah-langkah strategis, yang akan di laksanakan dalam waktu dekat. Adapun langkah-langkah yang akan di tempuh Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri adalah : seluruh provinsi akan di bagi ke enam regional yakni Balikpapan, Makassar, Batam, Yokyakarta, Manado dan Mataram. Setiap regional di ikuti 4 Provinsi dari empat Provinsi ini akan memilih 5 Kabupaten / Kota untuk mengikuti pelatihan loka latih yang di laksanakan Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri. Dalam pemilihan Kabupaten / Kota sepenuhnya kami serahkan kepada Pemerintah Provinsi. Untuk mengikutkan Kabupaten / Kota yang dianggap telah siap dan berkomitmen melaksanakan PATEN. Diharapkan dari loka latih ini Kecamatan yang ikut dapat menjadi percontohan pelaksanaan PATEN di Kecamatan.
Menurut Win Untoro, Kepala Dirjen Pemerintahan Umum memberikan apresiasi positif, serta menghargai Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara. Karena telah mendukung program Dirjen Pemerintahan Umum. Dalam menyukseskan pelaksanaan PATEN di Kabupaten Kutai Kartanegara. Walaupun tampa dampingan dari kami secara langsung. Komitmen pemerintahan Kutai Kartanegara tercermin dari tindakan nyata pada hari ini telah melukakan louncing/peresmian kepada lima Kecamatan pelaksana PATEN di laksanakan di Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara. Pelaksanaan program paten ini dapat berjalan dengan baik apabila di dukung adanya kemauan dan keinginan kuat dari Kepala Daerah, serta adanya pelimpahan kewenangan Kepala Daerah kepada Kecamatan.
Bupati Kutai Kartanegara Rita Widiyasari S.Sos, MM dalam sambutanya mengatakan menurut asisten I provinsi Kalimantan timur. Satu-satunya Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang melaksanakan PATEN baru Kabupaten Kutai Kartanegara. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua. Semoga Kecamatan yang sudah siap pelaksanaan PATEN, dapat bekerja secara maksimal dan selalu berkoordinasi dengan tim PATEN di Kabupaten. Sehingga program PATEN dapat terlaksana sesuai dengan program Gerbang Raja menuju masyarakat sejatera dan berkeadilan. Pelimpahan kewenangan Pemerintah Kabupaten akan selalu di adakan monitoring ke Kecamatan. Untuk memastikan pelimpahan kewenangan ini bisa atau tidak di laksanakan oleh Kecamatan. Apabila di anggap dapat di laksanakan tidak menuntut kemungkinan akan di tambah kewenangan lain. Pelimpahan kewenangan dalam kepengurusan beberapa dokumen kepada Kecamatan sesuai yang ada dalam SK PATEN  ini dapat mempermudah masyarakat. Kami berharap semoga dari 5 Kecamatan ini nanti ada yang dapat terpilih dalam pelatihan loka latih di tingkat Regiounal di Balikpapan. Kami juga berharap kepada Kecamatan yang belum melaksanakan PATEN harus segera melaksanakan PATEN setidaknya sebelum 2014 seluruh Kecamatan di Kukar telah melaksanakan paten.
    Rita widiyasari, S.Sos, MM juga berharap pelaksanaan PATEN di Muara Jawa berjalan dengan baik dan maksimal sehingga masyarakat dapat terlayani dengan prima. Kedepan saya berharap Kecamatan Muara Jawa dapat menjadi Kecamatan serta Kota percontohan di Kabupaten Kutai Kartenegara. Dalam waktu dekat ini Bupati akan memberikan bantuan dalam pengolahan taman yang ada dijalan Ahmad Yani, serta meminta Camat Muara Jawa untuk membuat program meminta bantuan mobil pengangkut sampah kepada Pemerintah Kabupaten untuk mengatasi permasalahan sampah di Kecamatan Muara Jawa.
Ditahun 2013 ini, pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara akan turun kelapangan mengadakan evaluasi kepada semua proyek – proyek yang telah di laksanakan akan di survei langsung, apabila ada pelanggaran akan di tindak lanjuti dengan meminta keterangan dari semua pihak yang terkait dalam proyek tersebut tegasnya. (*/A03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar