Sabtu, 25 Januari 2014

Penyuluhan Program Penyuluhan Tingkat Kecamatan di BP3K Muara Jawa




BP3K (Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan) Kecamatan Muara Jawa yang beralamat di Jln Darul Amin Handil 5 Kelurahan Muara Jawa Tengah. Memiliki staf 1 Kepala, 2 PNS, 2 honor dan 6 peyuluh. Sekarang ini masih kekurangan 2 orang penyuluh.  BP3K melaksanakan agenda rapat tahunan yakni penyuluhan terhadap 4 SKPD yakni :
1. Upt Pertanian Pangan Kecamatan Muara Jawa
2. Upt Perkebunan Kecamatan Muara Jawa
3. Upt Peternakan Keswan Kecamatan Muara Jawa
4. Upt Perikanan dan Kelautan Kecamatan Muara Jawa
Hadir dalam acara ini Ka. Upt dinas Pertanian tanaman pagan, Ka. Upt Dinas peternakan, Ka.Upt Dinas kelautan dan perikanan, Plh Camat Muara Jawa dan undangan-serta mahasiswa unikarta. 
Mu'in, S.P Kepala BP3K Kecamatan Muara Jawa dalam sambutanya memaparkan fungsi dan tupoksi, serta peran penyuluh sebagai pendamping bagi masyarakat dan SKPD yang di bawah naungan  BP3K. kedepan diharapkan adanya peran penyuluh sebagai pendamping dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan kekeliuran kerena telah melewati proses perencanaan yang panjang.
Selain itu, Mu'in berharap kepada pihak Pemerintah Kecamatan Muara Jawa, dan Kabupaten Kukar untuk dapat membantu pagar kantor BP3K. Sebab selama ini belum memiliki pagar. Sedangkan di belakang kantor ini terdapat bayak tanaman-tanaman percontohan. Yang sering di masuki ternak warga yang lepas. Yang akibatnya tanaman bayak rusak. Sehingga pagar ini sangat kami harapakan walaupun cuma pagar kayu ulin kami siap menerima tuturnya kewartawan pesisir post.
Plh Kepala pertanian pangan, Teki Subroto Mengatakan bahwa kami Dinas Pertanian pangan sangat membutuhkan adanya BP3K sebab tujuan kami sama dan saling membutuhkan serta sama-sama di butuhkan oleh masyarakat. Kami berharap pihak penyuluh dapat selalu berkordinasi antara SKPD serta selau menjaga hubungan harmonis selau di pertahakan.
Teki juga mengharapkan, peningkatan pertumbuhan penduduk di Kecamatan Muara Jawa dapat di  imbangi oleh meningkatnya hasil produksi padi. Selain itu,  pihak pemerintah akan mengeluarkan perda terhadap lahan pertanian produktif untuk di lindungi agar tidak di alih pungsikan oleh masyarakat.   
Junaidi, S.Pd, MM Plh Camat Muara Jawa dalam sambutanya menyampaikan bahwa almarhum  H. Nasrun Waroma, S.Sos, MM mantan Camat Muara Jawa memiliki perhatian yang sangat besar dan suport terhadap BP3K Kecamatan Muara Jawa. Maka dari itu kami akan berkomitmen meneruskan amanah beliau untuk selalu meperhatikan BP3K Kecamatan Muara Jawa.
Junaidi juga mengucapkan selamat kepada BP3K atas kantor barunya. Kehadiran BP3K sangat di perlukan karena bertugas mendamping 4 SKPD dan masyarakat dalam menyusun kegiatan program perencanaan dari awal sehingga hasil di peroleh dapat memuaskan dan tepat sasaran serta benar-benar aspirasi masyarakat. Selain itu, kami berharap kepada BP3K untuk selalu berkordinasi, silaturahin dengan lurah dan pihak Kecamatan Muara Jawa agar program yang di jalankan dapat terealisasi dengan baik. (A03/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar