Minggu, 26 Januari 2014

MOU Polres Kukar dengan Ketua RT se Kukar




Dalam rangka melaksanakan HARKAMTIBMAS Kapolres Kukar ABDUL KARIM, S.ik, M.Si beserta rombongan melakutan Penandatanganan MOu dengan para Ketua RT di 4 Kecamatan, yakni dari Kecamatan Muara Jawa, Samboja, Sanga-sanga, dan Anggana di Kapolsek Muara Jawa. Kegiatan ini di hadiri Kapolres Kukar beserta rombongan, Kapolsek Muara Jawa, Camat Muara Jawa, SKPD Kecamatan Muara Jawa, tokoh masyarakat, dan ratusan Ketua RT.
Adapun isi MEMORANDUM OF UNDERSTANDING ANTARA POLRES KUTAI KARTANEGARA DENGAN RT SE KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA yang berbunyi :
1. Babinkantibmas dan ketua RT melakukan mediasi kasus pertikaian/penganiayaan atau suatu tindakan pidana ringan di wilayahnya, jika tidak bisa di selesaikan secara kekeluargaan maka di laporkan kepolsek untuk diproses secara hukum
2. Mensosialsasikan pelayanan darurat Call Center Polri 110 kepada warganya, bila terjadi keributan/ganguan kamtibmas
3. Mendata pendatang baru diwilayahnya
4. Mendata rumah kontrakan atau kost-kosan diwilayahnya
5. Melaporkan ke babinkamtibmas jika ada yang menyalagunakan narkoba
6. Melaporkan ke babinkantibmas jika ada orang dicurigai diwilayah
7. Melaporkan kebabinkantibmas jika ada terjadi kriminalitas ( judi, mabuk, asusila, pencurian dan premanisme)
8. Melaporkan ke babinkatibmas jika ada kecelakaan lalu lintas dan membantu penanganan pertama
9. Mensosialisasikan perlunya pengunaan helm, kunci pengaman tambahan, membawa SIM/STNK dalam berkendaraan
10. Melaporkan ke babinkantibmas jika ada warganya yang mau berunjuk rasa
11. Mendata dan mengkordinirkan warga yang membuat /memperpanjang SIM,STNK
12. Mengaktifkan poskamling dengan memperdayakan warganya
13. Membantu menyampaikan surat panggilan polisi kepada warga yang di maksud diwilayahnya
14. Membantu pencarian DPO Polisi diwilayahnya.
15. Mediasi konflik sosial antara kelompok/kampung, desa yang terjadi diwilayah dengan melibatkan babinkantibmas
16. Mensosialisasikan bahaya penyalagunaan narkoba diwilayah polres yang menyiapkan bahan sosialisasi );
17.  Mensosialisasikan penerimaan anggota polri diwilayah ( polres yang menyiapkan bahan sosialisasi );
18. Babinkatibmas bersama-sama dengan para ketua RT mengadakan rapat secara periodik ( minimal satu bulan sekali ) untuk konsolidasi dan membahas permasalah yang terjadi diwilayah guna mencari solusi penyelesaian
19. Menbantu polri dalam mensukseskan pilkada,pemilu legislatif,dan pemilih presiden/wapres.
H.Ibramsyah tokoh masyarakat kecamatan muara jawa sangat setuju denganya pembentukkan forum dan kerjasama antara masyarakat dan pihak kepolisian.dimana dari kerjasama ini diharapkan tercipta keamanan dan ketertiban di kecamatan masing-masing khususnya di kecamatan muara jawa.kami juga pribadi mengucapkan terima kasih kepada kapores kukar atas kesempatan beliau hadir.
Kapolsek muara jawa Bayu sangat menyambut positif di bentuk forum RT ini.dengan adaya forum ini diharapkan akan terwujud situasi yang kondusif diseluruh kukar dan khususnya Kec. Muara Jawa.
Ahmad Junaidi, S.Pd,MM Camat Kecamatan Muara Jawa mengucapkan terima kasih kepada polsek Muara Jawa dan polres Kukar. Karena telah membentuk dan memperdayakan ketua-ketua RT dalam hal menjaga kantibmas diwilayah masing. Diharapkan kedepan ketua-ketua RT lebih pro-aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta selalu berkordinasi dengan kelurahan dan polsek terdekat dalam mengambil keputusan penyelesaian masalah.  Kami juga berharap semoga forum RT selalu eksis membantu pihak kepolisian dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban wilayah. Selain itu pihak kepolisian rutin menlakukan rapat pertemuan dengan Ketua RT.
Abdul Karim, S.ik, M.Si kapores Kutai Kartanegara mengatakan kami akan mengadakan pembentukan forum RT ini di seluruh wilayah kukar. Pertama kali kami laksanakan diwilayah pesisir yakni 4 Kecamatan : Muara Jawa, Samboja, Sanga-sanga, Angana. Dan setelah ini berkelanjut kewilayah bagian hulu dan terakhir di tenggarong sendiri.
Sebelumnya kami ucapkan terimakasih kepada pihak pemerintah dan ketua RT atas kehadiran dan kerjasamanya dalam menyukseskan 19 perjanjian yang telah di tandangani bersama.kami berharap ketua RT dapat menjadi father kami dalam menjaga kantibmas diwilayah masing-masing. (A03/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar