Minggu, 26 Januari 2014

LSP Dukung Peningkatan SDM Bukit Merdeka





Studi Banding LPM Bukit Merdeka di Desa Cibeureum Kukon Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. 


Studi Banding LPM Kelurahan Bukit Merdeka Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara yang bertema “Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat” di provinnsi Jawa Barat pada 1-6 Oktober yang merupakan bagian dari program CSR PT Lembu Swana Perkasa (LSP) tahun 2013.
Dalam kunjungan kerja tersebut, LPM Bukit Merdeka memperoleh banyak ilmu dan wawasan serta pengetahuan baru yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah pemberdayaan PKK yang begitu maksimal di Desa Cibeureum Kulon, meskipun dengan anggaran yang minim yakni hanya melalui iuran anggota PKK. Selain itu, bidang peternakan di Desa Cibeureum Kulon mampu memaksimalkan ternak kambing etawa dengan penghasilkan petaninya hingga 500 ribu per hari.
Dibidang pembangunan, di Desa Cibeureum Kulon seluruhnya dikelola oleh LPM, dimana masyarakat diberikan peran yang maksimal dalam pelaksanaan dan pengawasan langsung dalam pembangunan tersebut, sehingga hasilnya sangat maksimal sesuai dengan program yang telah disusun oleh LPM dan perangkat desa setempat
Di bidang pertanian tidak kalah penting, masyarakat Desa Cibeureum Kulon mampu memanfaatkan secara efisien lahan pertanian dengan hasil yang optimal melalui pemberdayaan kelompok tani setempat.
Hal ini menjadi masukan positif bagi LPM Bukit Merdeka dalam membangun dan mengembangkan masyarakat Bukit Merdeka agar menjadi Kelurahan yang maju dan mapan, terlebih besaran anggaran yang diterima oleh Kelurahan Bukit Merdeka jauh lebih besar dari Desa Cibeureum Kulon di Jawa barat.
Diharapkan program CSR dari PT LSP dalam peningkatan SDM di kelurahan Bukit Merdeka tersebut mampu memberikan perubahan positif di berbagai aspek kehidupan masyarakat Bukit Merdeka yang pembangunannya dimotori oleh LPM Kelurahan Bukit Merdeka. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar