Selasa, 24 September 2013

RSUD ABADI Pertahankan Kualitas Pelayanan Prima


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja mampu mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008 yang pernah diterima pada 2009. Rumah sakit ini dinilai mampu mempertahankan mutu pelayanan prima. General Manager Perwakilan Worldwide Quality Assurance (WQA) Widayanti menyatakan pelayanan RSUD Abadi kini bertaraf internasional.
“Mampu mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008 yang dicapai 2009 lalu adalah luar biasa. Hal ini akan banyak bermanfaat bagi RSUD Abadi untuk membangun dan meningkatkan budaya mutu di Indonesia,” ujarnya.
Dijelaskannya ISO 9001:2008 adalah suatu sistem manajemen yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan organisasi yang mengutamakan mutu. Organisasi itu juga harus memiliki pedoman visi-misi yang jelas berkomitmen untuk kepuasan pelanggan. Kepuasan terebut harus dapat diukur dengan sasaran mutu.
“Sasaran mutu itulah yang akan kami pantau, apakah berjalan baik dan ada peningkatan nilai. Bahkan berbagai sasaran mutu dari segala aktivitas yang berimbas kepada kepuasan pasien harus ditambah terus,” paparnya. Dijelaskannya, dalam mempertahankan ISO tersebut, pemerikasaan dilakukan tiap enam bulan sekali, apakah sistem masih berjalan sesuai persyaratan.
Untuk itu, menurutnya diperlukan komitmen mulai top manajemen hingga staf terbawah, karena satu hal yang paling penting adalah ISO tanpa komitmen tak akan dapat berhasil. ISO 9001:2008 juga merupakan jaminan mutu, dimana pemegang sertfikat ini tak bisa main-main lagi karena harus mempertahankan mutu.
“Mohon jangan bangga dengan sertifikat ini. Yang lebih penting ambil benefit dari sertifikat ISO ini dalam pelayanan untuk memuaskan masyarakat,” pesannya kepada jajaran RSUD Abadi. Dikatakannya penting bagi suatu organisasi untuk memikirkan adakah pelanggan yang kecewa, dan terus memikirkan mutu kepuasan pelangan. Karena di era globalisasi, satu satunya cara menghadapi persaingan ketat hanya dengan strategi mutu.
Widayanti juga bersyukur Kukar telah memiliki pemimpin yang komit terhadap mutu. Sebagai bukti yaitu mendorong dan memberi semangat kepada RSUD untuk terus meningkatkan dan menjalankan manajemen mutu. (b03r)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar