Rabu, 25 September 2013

PRESTASI PKBM KUSUMA DEWI


 
Penghargaan bergengsi KALTIM EDUCATION AWARDS 2013 telah diraih oleh Khurotin, S.Pd kategori Pengelola Pendidikan Non Formal /PNF. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kusuma Dewi Handil Baru Darat Samboja berdiri sejak tahun 2008. Kami telah beberapa kali mendapat penghargaan baik daerah maupun nasional antara lain :
1. Tahun 2010, Juara I lomba karya nyata Jambore PTK PNFI se Kalimantan Timur.
2. Tahun 2011, meraih Anugerah UMKM Awards yang diserahkan oleh Menteri Koperasi di Jakarta.
3. Tahun 2012, Nominasi Anugerah PTK PAUDNI Berdedikasi se Kalimantan Timur.
4. Tahun 2013, Juara I Lomba Foto Kegiatan PNFI se Kabupaten Kutai Kartanegara.
5. Tahun 2013 tepatnya peringatan Hari Pendidikan Nasional kami mendapat Anugerah Kaltim Education Awards dari Gubernur Kalimantan Timur. Selain piagam juga mendapat uang pembinaan.
Prestasi yang kami dapatkan berkat dukungan keluarga, pemerintah setempat, staf PKBM dan Masyarakat. Banyak yang belum tau apa PKBM itu? Kami mendirikan lembaga PKBM sejak tahun 2008,  mulai dengan program-program social, melayani pendidikan Non Formal sejak usia 0 tahun sampai lansia. Lembaga kami legal berbadan hukum sehingga dapat mengakses bantuan dana dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.
Kegiatan yang kami laksanakan saat ini adalah :
I. Bidang Pendidikan :
1. Taman Penitipan Anak (TPA)
2. Kelompok Bermain (KB)
3. Taman Kanak-kanak (TK)
4. TK Alquran
5. Pemberantasan Buta Aksara
6. Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
7. Bimbingan Belajar (Bimbel)
- Matematika
- Bahasa Inggris
II. Bidang Ketrampilan
1. Menjahit
2. Kerupuk Ikan
3. Keripik Pisang
4. VCO
5. Pengolahan Sabut Kelapa
III. Bidang EKonomi
1. Koperasi Serba Usaha
- Simpan Pinjam
- Toko Serba Ada
IV. Kesehatan
1. Posyandu Lansia
2. Pemeriksaan, pengobatan, pemberian makanan secara gratis kerjasama dengan Dokter Puskesmas
V. Sosial
1. Memberi santunan lansia
2. Memberi santunan anak yatim
Kegiatan kami telah mendapatkan dukungan baik dari pemerintah, perusahaan maupun masyarakat. Dibuktikan dengan gedung PKBM, gedung PAUD bantuan dari PNPM Mandiri, ketrampilan bantuan dari Provinsi, Kabupaten dan Perusahaan. Meskipun sering mendapat prestasi, tapi masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, kami ingin punya gedung untuk kantor dan untuk taman bacaan, karena yang ada masih kurang apalagi kami sering kedatangan tamu baik dari dalam maupun luar negeri yang dibawa oleh perusahaan. Bahkan dua kali rombongan Kementerian ESDM dan Kementerian Kesra Pemberdayaan Masyarakat berkunjung ke PKBM kami. Harapan kami semoga Pemerintah setempat bisa mewujudkan keinginan kami untuk memiliki gedung Taman Bacaan Masyarakat dan kantor PKBM, agar PKBM kami lebih maju lagi dan membawa nama harum Kecamatan Samboja khususnya dan Kabupaten Kutai Kartanegara pada umumnya, Semoga!!!! Amien (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar