Rabu, 01 Mei 2013

Musyawarah PNPM-MP 2013 Muara Jawa


Kegiatan musyawarah antar Kelurahan Penetapan ( spet ) PNPM MPD Tahun anggaran 2013 dan tutup buku unit pengola kegiatan ( UPK ) PNPM MPD Tahun anggaran 2013 yang di laksanakan di BPU Kecamatan Muara Jawa. Hadir dalam kegiatan ini Kasi Pemerintahan Kecamatan Muara Jawa, LPM, pengola PNPM Mandiri di Kelurahan, tokoh masyarakat, pemuda dan lainnya.
Selain itu, dalam kegiatan ini di pilih pengawas BP-UPK Kecamatan. Dimana forum memilih Drs Ahmad Yani, MM yang di pilih menjadi pengawas. Adapun pertimbang forum mengankatnya menjadi pengawas, karena yang bersangkutan ini telah mengikuti pelatihan di Kabupaten, serta dinilai sangat paham masalah akuntansi dan telah berpengalaman di bidangnya.
Fuji, ketua kelompok usaha sahabat. Mengatakan kehadiran PNPM Mandiri Pedesaan (MP) ditengah-tengah pengusaha kecil sangat berpengaruh besar dalam kelancaran usahanya, karena persyaratan tidak sulit bunga kecil. Selain pinjam modal usaha PNPM Mandiri Pedesaan juga membantu masyarakat seperti memberikan  pelatihan-pelatihan jahit, pembuatan kue, kursus sablon, dan juga PNPM Mandiri juga membantu dalam peningkatan insprastruktur seperti pusyandu, jalan, penyedia sarana air bersih dan lain lain.  Kami harap kepada petugas PNPM Mandiri jangan bosan-bosan menasehati warga, selalu dekat sama masyarakat. Insya Allah program akan jalan. Kami harapkan di tahun-tahun berikutnya lebih besar lagi perannya bagi masyarakat.
Harapan mudah-mudahan di tahun berikutnya lebih besar anggaranya, sehingga dampaknya bagi masyarakat bisa lebih positif lagi terutama dalam peningkatan taraf hidup dan ekonomi masyarakat.
H. Jais, S.Sos, yang juga ketua LPM Dondang mengatakan bahwa program PNPM Mandiri Pedesaan sangat bagus. Karena programnya memang langsung kemasyarakat. Tepat sasaran menyentuh ke lapisam masyarakat.
Hadi, pengola keuangan untuk Kecamatan Muara Jawa mengatakan bahwa PNPM Mandiri Pedesaan di Muara Jawa pertama kali tahun 2009 dengan tenaga stafnya berjumlah 6 orang. Menurutnya  perkembang PNPM Mandiri Pedesaan di Muara Jawa dari tahun-ketahun semakin meningkat. Namun, masih sangat di sayangkan masih bayak masyarakat belum mengerti apa PNPM Mandiri Pedesaan itu. Padahal kami ada untuk menjawab permasalahan yang di hadapi masyarakat terutama masalah pinjaman modal usaha, peningkatan insprastruktur, dan lain sebagainya.
Nordiansyah Kasi Pemerintahan Muara Jawa mewakili Kecamatan Muara Jawa mengatakan, keberadaan PNPM Mandiri Pedesaan cukup membantu masyarakat dan hasilnya pun sudah di nikmati oleh masyarakat. Pengaturan birokrasinya pun cukup baik karena penetapan usulan-usulannya melalui tahapan-tahapan yang sudah di perhitungkan dengan baik. Sesuai evaluasi tahun yang lalu dan dalam menetapkan selalu berpatokkan pada hasil musyawarah mupakat. Kehadiran PNPM Mandiri Pedesaan ini sangat membantu masyarakat terutama di bidang SDM, simpan pinjam, dan peningkatan insprastuktur. Harapan kami kedepan, masyarakat dan pihak pemerintah tetap mendukung program PNPM Mandiri Pedesaan ini, karena merupakan program nasional yang harus di sukseskan bersama.  (*/A03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar