Senin, 06 Mei 2013

Masyarakat Salok Api Laut Nyoblos


Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara No 42 tahun 2012 yang mengatur masa jabatan perangkat organisasi yang berada di wilayah kelurahan, yaitu Lembaga adat, RT, LPM, PKK dan Karang Taruna. “Maka  berdasarkan Perda tersebut masing-masing organisasi tersebut mempunyai masa bakti selama 3 (tiga) tahun sejak terbentuknya.  Dan kembali diajukan pemilihan untuk tahun berikutnya” demikian yang disampaikan Lurah Salok Api Laut, Sutranstono, S.Sos saat membuka  rapat pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang dilaksanakan pada tanggal 18 maret 2013 di ruang rapat kelurahan. Turut hadir dalam rapat tersebut adalah ketua-ketua RT yang sekaligus diberikan amanah sebagai pelaksana pemilihan LPM masa bakti 2013 -2016.
Pada kesempatan ini, Kamaruddin, Ketua RT 3 menjadi ketua panitia pelaksana kegiatan ini bersama ke enam anggota.  “Kami mengharapkan agar pemilihn ketua LPM yang baru untuk mengadopsi sistem pemilihan langsung. Yaitu masyarakat nyoblos menggunakan surat surat,” demikian yang disampaikan ketua Panitia.  Tentunya pelaksanaan nyoblos ini memerlukan pendanaan yang tidak sedikit, mengingat pada pemilihan ini sebuah proses kemajuan untuk kelurahan salok api laut ini.  Terlebih lagi, dalam kegiatan kali melibatkan seluruh masyarakat yang akan memberikan suaranya dalam menyukseskan agenda penting ini.
Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan ini antara lain ;
1.      Masa penyaringan bakal calon, tanggal  18 – 23 maret 2013
2.      verifikasi bakal calon, tanggal 25 – 26 maret 2013
3.      Penentuan Nomor urut calon, tanggal 27 Maret 2013
4.      Persiapan Logistik  dll, tanggal 29 – 31 maret 2013
5.      Pencoblosan, tangggal 1 April 2013.

Dalam kesempatan ini, Lurah Salok Api Laut memberikan amanah yang besar agar kegiatan ini berlangsung lancar, tertib dan aman.  Sehingga tercipta kerukunan dan kedamaian serta partisipasi seluruh warga masyarakat dalam menyukseskan kegiatan ini. “Mohon kiranya agar seluruh masyarakat untuk terlibat langsung  dalam pemilihan ini, karena akan menentukan arah kebijakan pembangunan di kelurahan kita ini,” ucap Sutranstono,S.Sos mengakhiri sambutan pemilihan panitia pelaksana pemilihan LPM ini.
Setelah pembentukan panitia tersebut, maka panitia pelaksana mulai melaksanakan agenda-agenda dan tahapan yang telah disepakati. Hingga berita ini disampaikan, panitia pelaksana telah mencapai tahap penjaringan calon dan telah terjaring 6 (enam) orang calon yang akan bersaing memerebutkan formasi tersebut. Mereka merupakan utusan dari perwakilan RT dan berdasarkan Nama Calon dan Nomor Urut dimulai dari Kiri ( 1. Achmad, 2. Misbah, 3. Misdi Prabowo, 4. Nasrullah, 5. Syamsuri, 6. Harioko )
Untuk memeriahkan kegiatan pada hari Pemilihan (01/04) Panitia pelaksana memberikan doorprice bagi para pemilih yang hadir pada hari tersebut. Adapun jenis bingkisan tersebut mulai  dari yaitu Televisi 21 Inch, kompor Gas, kipas Angin, Handphone, handsprayer. (FD01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar