Senin, 20 Mei 2013

MANFAAT OLAHRAGA BAGI PARA REMAJA


Oleh : Rusni Rahim 
Olahraga merupakan suatu kebutuhan pokok yg harus dipenuhi bagi setiap manusia. Mengapa? Karena olahraga adalah salah satu alasan kita untuk tetap sehat dan mempertahankan kekebalan tubuh jauh dari banyaknya serangan penyakit yg merajalela didunia ini. Berolahraga sebenarnxa tidak perlu mahal seperti ke fitness karna dgn anda berjoging atau jalan santai dipagi maupun di sore hari, itu sudah termasuk dalam sebuah olahraga walaupun hanya sderhana. Olahraga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asal ada niat dan kemauan untuk melakukannya.
Bagi para remaja terutama dikalangan SMA karna pada saat itu merupakan puncaknya dalam berolahraga. Olahraga sangat disukai untuk mengisi waktu luang, hanya sekedar main dan menyehatkan tubuh. Permainan olahraga yg saat ini masih banyak digemari orang terutama remaja adalahh futsal, basket, badminton, tenis meja dan lompat tali khususnya bagi para wanita untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan terjaga.
Olahraga juga dapat menarik antusias para remaja untuk melakukan olahraga. Kebanyakan para remaja mungkin tdk semua tau manfaat olahraga bagi mereka. Karna menurut mereka olahraga hanya membuat sehat saja, padahal sebenarnya manfaat olahraga sangatlah bnyak terutama bagi remaja dan manusia pd umumnya, karna selain sehat jasmani anda pun dapat merasakan sehat rohani dan bathinia, yang selalu membuat pikiran kita tenang, damai dan selalu merasakan kesejukan disetiap harinya.
Namun olahraga jg memiliki beberapa manfaat yg baik buat tubuh, yaitu:
  1. Olahraga mencegah obesitas dan serangan penyakit lainnya.
    Obesitas biasanya sangat berpotensi pd usia remaja dini dimana pd saat manusia menginjak masa remaja akan membutuhkan banyak asupan makanan seiring dgn padatnya aktivitas mereka. Mereka yg obesitas cenderung akan kurang percaya diri terhadap pergaulan teman sepermainannya. Sebenarnya obesitas bukan menjadi penghalang dlm pergaulan. Olahraga akan mencegah obesitas bagi kalian yg masih remaja , cobalah berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar obesitas dpt dihindari dan tubuhpun tetap sehat dan selalu terhindar dari serangan penyakit, jika anda rutin melakukannya.
  2. Olahraga dapat membentuk tubuh yg ideal dan fleksibel
    dgn tbuh xg fleksibel akan mengembangkan keinginan kita dlm berolahraga,khususnya bagi para remaja indonesia, olahraga dilakukan untk memperthankan bentuk tubuh xg ideal penuh dgn kekuatan otot dan kelincahan dlm berpikir.
  3. Olahraga dpt mendukung pertumbuhan otot dan tulang.
    Hal tersebut karna pd saat" remaja merupakan saat" dlm pertumbuhan. Sehingga pd dewasa nanti hingga saat tua tulang dan otot" tdk gmpang rapuh dan akan mencegah osteoporosis dan akan menghindari keropos pada tulang saat tua nanti.
  4. Olahraga dapat membuat pikiran tenang dan damai.
    Olahraga selain sehat dan menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit juga dpt membuat pikiran tenang dan damai, karena setelah mendapatkan ke_3 manfaat olahraga diatas kita akan mendapatkan pikiran tenang, damai dan tentram dalam menjalani hidup. Karna itulah sebabnya banyak orang melakukan olahraga , karna olahraga sangat penting untuk kita lakukan demi kesehatan dan menjaga tubuh tetap sehat dari berbagai serangan penyakit.
Berolahragalah setiap saat demi kesehatan jasmani dan rohani anda.
Karena kesehatan adalah yang utama (R01)

1 komentar:

  1. semangat pagi...
    artikelnya nice, cocok bget buat remaja masa kini....
    senam remaja akan lbh afdhol pake baju senam body image..
    lets try..

    BalasHapus