Selasa, 14 Mei 2013

Tanya Jawab Kesehatan


Hamil di Usia 39 Berbayakah?
Pertanyaan:
Assalamu’alaikum
Dok, usia istri saya 38 tahun dan hamil anak ke 3 usia kehamilan 2 bulan, sedangkan anak saya sebelumnya sekarang usianya 12 tahun. Riwayat melahirkan sebelumnya normal.
Mohon saran dan tanggapannya, atas perhatiannya terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Dari: Imam

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.
Kehamilan di atas usia 35 tahun memang memiliki peningkatan risiko kelainan pada kehamilan maupun janin, semisal kelainan kromosom, tingkat keguguran yang lebih tinggi, permasalahan plasenta –semisal plasenta previa-, kehamilan kembar, dan lainnya.
Meskipun demikian, tidak berarti bahwa wanita tersebut tidak bisa hamil atau tidak usah berusaha untuk hamil jika memang masih diinginkan, risiko tersebut hanya sebagai pengingat bagi pasangan suami istri untuk lebih intens dalam memperhatikan kehamilan ini, untuk mendeteksi sejak dini gangguan kehamilan yang ada. Jika ibu sehat, biidznillaah, sampai usia 45 bahkan 50 tahun pun masih ada ibu yang melahirkan dengan normal dan selamat.
Oleh karena itu, hendaknya Bapak dan istri tidak perlu risau berlebih, namun senantiasa cermat dan rutin dalam melakukan pemeriksaan antenatal, dan menghindari hal-hal yang dapat membahayakan kehamilan. Jangan lupakan doa kepada Allah Ta’ala dengan terus-menerus, agar kehamilan ini dimudahkan dan keluarga dikaruniai bayi serta Ibu yang sehat.
Semoga ada manfaatnya
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar