Senin, 06 Mei 2013

Wabup Tutup MTQ Ke-35 Sukses Pelaksanaan dan Prestasi


TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf menutup Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-35 tingkat Kabupaten Kukar, berlangsung di Kecamatan Muara Muntai, Minggu, (17/3) lalu.
Dalam sambutannya, Wabup mengatakan penyelenggaraan lomba-lomba dalam MTQ sesungguhnya bukanlah sekadar memperlihatkan keterampilan qari dan qariah dalam melantunkan keindahan ayat-ayat suci Alquran, tapi juga menyampaikan pesan-pesan suci bahwa Alquran adalah sumber kebenaran, kebaikan, kedamaian, kesejahteraan dan keselamatan, serta mengandung nilai-nilai pembentuk akhlak manusia yang paripurna. Hal ini tentunya sangat penting, khususnya bagi pembangunan Kukar.
“Sebagai muslim, kita diperintahkan Allah SWT untuk menerapkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Alquran secara komprehensif (kaffah), dimana Alquran dijadikan sebagai rujukan setiap gerak dan langkah kita dalam perjalanan hidup dan kehidupan di muka bumi ini,” katanya.
Dia menambahkan, membaca dan memahami kandungan Alquran adalah tantangan bagi kaum muslim, karena masih sangat banyak masyarakat yang belum bisa membaca Alquran. Untuk itu, menjadi kewajiban setiap muslim, para alim ulama, dan pemerintah, untuk saling bekerja sama memberantas buta aksara Alquran melalui berbagai kegiatan-kegiatan keislaman.
Dengan memberantas buta aksara Alquran, kata dia, insya Allah masyarakat dapat mencintai Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, Kukar akan senantiasa mendapat rahmat Allah SWT.
Atas nama Pemkab Kukar, dia menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Camat Muara Muntai Anjar Asmara, seluruh panitia, serta berbagai pihak yang terlibat penyelengggaraan MTQ ke–35 tingkat Kukar, sehingga MTQ berjalan baik dan sukses, baik sukses pelaksanaan maupun prestasi.
Ucapan terima kasih juga dia sampaikan kepada seluruh Dewan Hakim, Dewan Pengawas, dan Tim Verifikasi, yang telah bekerja keras selama pelaksanaan kegiatan ini.
"Semoga kerja keras saudara-saudara mendapat rida dan pahala dari Allah SWT.  Saya juga menyampaikan selamat kepada para peserta yang memperoleh prestasi terbaik dan mendapat juara umum MTQ kali ini yaitu Kecamatan Loa Janan. Teruslah mengembangkan kemampuan kalian, sehingga terus terasah menjadi lebih baik. Sebab, para qari dan qariah yang menjadi juara di tingkat kabupaten ini insya Allah akan mewakili Kukar dalam MTQ di tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Malinau nanti,” tambahnya.
Selain itu dia juga berpesan kepada peserta yang belum berhasil meraih prestasi terbaik, jangan putus asa dan berkecil hati. "Jadikan MTQ  sebagai kesempatan menimba ilmu dan pengalaman agar dapat meraih prestasi lebih baik di masa yang akan datang," ujarnya.
Acara ditutup pembagian hadiah kepada para pemenang dan pesta kembang api. Turut hadir dalam acara, Sekretaris Kabupaten Kukar Edi Damansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar, Kepala Kantor Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar, Camat Muara Muntai Anjar Asmara, tokoh agama, dan para kafilah. (hmp10/wan)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar