Jumat, 26 April 2013

CSR PT Lembu Swana Perkasa Turut Sukseskan Program Gerbang Raja


Pelatihan Dasar Ms Office Guru SD dan TK


Mutu pendidikan di Kutai Kartanegara diharapkan lebih maksimal disbanding Kabupaten dan Kota lainnya, mengingat hampir seluruh guru telah memiliki laptop yang merupakan inventaris pendidikan/sekolah dari Pemerintah Kutai Kartanegara yang digagas oleh Bupati yakni Rita Widyasari, S.Sos, MM.
Salah satu kendala guru khususnya di Kecamatan Muara Jawa, menurut Kepala UPT Disdik Muara Jawa adalah minimnya kemampuan guru khususnya TK SD sekitar 70% dan sebagiannya mampu mengoperasionalkan laptop dengan baik.
Guna turut menyukseskan program Gerbang Raja khususnya dibidang pendidikan di Kecamatan Muara Jawa, PT Lembu Swana Perkasa (LSP) bekerjasama dengan Magistra Institute dan UPT Disdik Kecamatan Muara Jawa menggelar pelatihan office dasar, yakni Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point dan Windows.
Pelatihan yang digelar di SMPN 1 Muara Jawa selama 6 hari mulai 18 Maret hingga 23 Maret 2013. Dilatih oleh 10 instruktur dan diikuti 200 peserta yang terdiri dari guru TK dan SD se Kecamatan Muara Jawa.
Untuk memaksimalkan hasil dari pelatihan tersebut, peserta dibagi dua gelombang. Masing-masing gelombang terdiri dari 100 peserta dan waktu belajarnya 3 hari. Dan dari 100 peserta dari masing-masing gelombang dibagi menjadi lima rombongan belajar (rombel) dan setiap rombel terdiri dari 20 peserta dan dibimbing oleh 2 instruktur.
Setiap peserta mendapatkan modul, alat tulis dan setiap hari dimotivasi untuk bisa menyerap ilmu yang diberikan dengan memberikan doorprize berupa 2 buah plash disk bagi peserta yang mampu mengaplikasikan dan menjawab dengan baik sesuai materi yang diberikan instruktur sesui modul yang sudah disediakan. Sehingga total plash disc yang dibagikan bagi guru yang mampu memahami dengan baik dan beruntung mencapai sekitar 60 plash disc disc 4 GB.
Selain itu, peserta mendapatkan kaos dari PT LSP sesuai dengan jumlah peserta yakni 200 peserta. peserta juga mendapatkan snack break di setiap pelatihan.
Menurut salah satu peserta Wahidah, menyampaikan bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat, karena yang tadinya tidak tahu atau kurang faham kini menjadi faham. Selain itu bimbingan yang diberikan lebih terfokus kepada materi yang memang diperlukan bagi guru, khususnya administrasi di kelas seperti membuat surat, daftar nilai (bentuk table) cara membuat nilai rata-rata, jumlah, nilai tertinggi atau nilai terendah dan presentasi pembelajaran melalui program power point.
Menurut Sekretaris Camat Muara Jawa, Junaidi menyampaikan penghargaan yang tinggi terhadap wujud komitmen kepeduliannya PT LSP terhadap mutu pendidikan khususnya di Kecamatan Muara Jawa. Selain itu, atas nama Pemerintah Kecamatan Muara Jawa mengucapkan terima kasih kepada PT LSP yang bersedia menyalurkan Corporate Social Responsibilitty (CSR) tahun 2013. 
Menurut (Kepala Teknik Tambang) KTT  PT LSP Safwan Syarmani menyampaikan bahwa PT LSP berupaya untuk komitmen dalam membantu masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja lingkar tambang PT LSP. Salah satunya adalah turut menyukseskan program Pemkab Kukar di bidang pendidikan dengan menyelenggarakan pelatihan computer bekerjasama dengan Magistra Institute selama 6 hari bagi guru SD dan TK se Kecamatan Muara Jawa dengan jumlah peserta 200.
Menurut wakil ketua teknik tambang PT LSP, Eka Hariansyah saat penutupan pelatihan pada sabtu 23/3 menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala UPT disdik Muara Jawa beserta seluruh panitia yang telah turut serta menyukseskan pelatihan Ms Office, selain itu baik kepada Pihak UPT dan seluruh panitia yang selama seminggu bekerja keras demi sukses dan lancarnya kegiatan pelatihan meminta maaf jika terdapat kekurangan.
Kepala UPT Disdik Kecamatan Muara Jawa,  Nurdin dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh guru baik TK maupun SD agar bisa merealisasikannya di dalam kelas kepada siswa, dan pihak dinas akan meminta pengawas untuk memantau guru – guru agar lebih maksimal dalam mengajarnya dan jangan lagi ada kata laptop disimpan karena tidak bisa mengoperasikan. Selain itu, Nurdin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT LSP atas kerjasama berupa memberikan pelatihan computer kepada guru TK dan SD se Kecamatan Muara Jawa, dan kedepan diharapkan bisa berkelanjutan, mengingat  dari jumlah guru di Muara Jawa sekitar 600 guru sekitar 200 guru diprediksi mampu mengoperasikan dengan baik, sekitar 200 guru lagi yang masih perlu mendapatkan bibingan. Tuturnya saat penutupan pelatihan 23/3 di SMPN 1 Muara Jawa (*/A01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar