Jumat, 22 Mei 2015

SENTUHAN : ROMANSA LOKALITAS; Tentang Karier, Keluarga dan Kearifan Lokal


Penulis        : Fajar Djafri
Penerbit     : Koekosan, Depok Jakarta
Cetakan      :  Februari 2015
                     : 127 + viii Halaman
Harga          : Rp. 39.000,-






“Tak perlu harus bertapa di puncak gunung atau bersemedi di lembah nan tersuruk untuk melahirkan (ide) tulisan. Fajar Djafri penulis yang berdikari sebagai Pegawai Negeri Siplil Daerah Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara memulai kisah dengan mengangkat romansa dan lokalitas di sekelilingnya. Juga dalam buku ini serta merta "menyaru" menjadi diary pekerjaannya sebagai abdi negara yang ia ditulis dengan prosaik”. Demikian yang dikutipkan Benny Arnas dalam akun Facebooknya selaku penyunting sekaligus penyelaras akhir buku ini.
Dengan mesra, penulis mencairkan ide-ide tentang birokrasi dan ke-PNSD-annya ke dalam bahasa yang mengalir dan tidak terpancing untuk menjadi genit dengan istilah-spesifik dalam bidang yang ia gauli sehari-hari. Proses penggarapan SENTUHAN menelan waktu hampir 4 bulan. Dan penerbit koekoesan bersedia meminang karya indah ini.
Dari cara bertuturnya yang sabar dan detail ingin menggambarkan kedekatan bersama keluarga-pekerjaan dan kearifan lokal. Maka dalam karyanya, penulis menggarap tiga segmentasi;  bergumal dengan pekerjaan, menjalin mesra dengan keluarga serta mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.  Masing masing bagian terdiri dari 4 kisah.
“Bijaklah melihat permasalahan. Lalu jadikan nurani pengontrol dalam menentukan sikap. Libatkan hati karena dia mengundang kebenaran. Tutuplah mata yang sering silau oleh gaya hidup hedon dan bukalah mata batin untuk melihatnya.” Sebait kalimat indah dalam PERSAKITAN,  judul mukadimah dari segmentasi karier.
Kedalaman memaknai arti keluarga di tulis dengan mesra pada segmentasi selanjutnya. “Bahwa akan ada sesuatu waktu tercederai. Masa-masa kebersamaan, bersendah-gurau, bercengkrama hingga bermanja-manja dengan anak-istri.  Juga waktu beristirahat selepas beraktivitas. Sehingga dianggap penting mengetatkan jam malam demi menjaga keharmonisan di tengah keluarga”. Inilah riak-riak romansa interaksi yang digambarkan dalam SENTUHAN. 
Juga terdapat sepuluh kisah sederhana, sarat makna kejujuran dan dedikasi yang bersembunyi  setiap segmentasi serta merangkai jalinan romansa ini. 
Lantas Apa yang ditawarkan Fajar?
Ketika realita sudah melampaui fiksi, Fajar memilih berdamai. Ia tidak tergoda merangkai peristiwa yang fantastis, artificial dan mengejar efek kejut yang dangkal. Dengan sentuhan bernuansa ringan khasnya, penulis mempersembahkan romansa lokalitas yang sesuai takaran.
Silakan bagi pembaca yang berkeinginan memiliki buku ini dengan cara :
1.      Kunjungi www.gramediaonline.com;  sentuhan; kisah2 sederhana. Ada diskon  15 % buat pemesan. Atau  
2.      Bisa juga menghubungi penulis melalui Akun facebook; Fajar djafri. Dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap dan mentransfer ke Bankaltim, Muh. Fajar, No Rekening. 1218000980.    
3.      Kontak Penulis via WA +6281347375240


Biodata Penulis
Nama Pena       :   Fajar Djafri
Pekerjaaan       :   PNS Kelurahan Salok Api Laut, Samboja
Alamat Virtual             
Facebook          :   Fajar djafri
Twitter             :   @fajar_djafri
Blog                 :   fajar.manggar.blogspot.com
Surel                :   fajar_batakan @yahoo.co.id
Telp                   :  +6281347375240



Tidak ada komentar:

Posting Komentar