Kamis, 28 Mei 2015

Musrenbang SAD, Munculkan Skala Prioritas Pembangunan


Musyawarah rencana pembangunan Kelurahan Salok Api Darat tahun 2015 digelar pada Jum’at 23/1 Menurut Pejabat Kecamatan Samboja yakni Kasi Pemdes yang akrab di sapa Pak Budi menjelaskan bahwa seluruh ajuan masyarakat dari Desa / Kelurahan harus berawal dari Musrenbang, jadi tidak ada lagi pembangunan yang tanpa perencanaan Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan melalui Musrenbang baik untuk RKA Kelurahan, RKA Kecamatan, melalui APBD Kabupaten ataupun APBD Provinsi.
Sebagai informasi, Budi juga menambahkan bahwa untuk tahun anggaran 2015 terdapat rasionalisasi anggaran, dimana biasanya setahun mencapat 2 M bahkan lebih, namun tahun ini hanya di kisaran 1 M per Kelurahan. Hal ini menyebabkan pihak Pemerintah Kelurahan harus berfikir keras untuk efisiensi anggaran dan pembangunan di wilayah masing-masing.
Sementara itu, dana 1 M tidak semuanya untuk pembangunan fisik namun semua termasuk operasional dan perjalanan dinas. Sedangkan besaran anggaran yang dapat dianggarkan melalui RKA Kelurahan besarannya setara atau kurang dari 200 juta, jika besaran dari 200 juta hingga 500 juta dianggarkan melalui RKA Kecamatan dan diatas 500 juta melalui APBD Kabupaten.
Sehingga masyarakat diharapkan untuk bersabar jika ajuan pembangunan belum terealisasi, mengingat anggaran yang terbatas, sementara program yang diajukan banyak tentu skala prioritaslah yang menjadi pedoman pemerintah melalui Musrenbang tersebut dasarnya.
Musrenbang Kelurahan Salok Api Darat di gelar di Kantor Baru Salok Api Darat, dihadiri oleh Kasi Pemdes Kecamatan Samboja, Lurah Salok Api Darat, Seklur, Jajaran Kasi dan staff Kelurahan SAD, Tokoh Masyarakat, tokoh pendidikan, dan Tokoh lainnya, beserta seluruh RT yang ada di SAD. (A03/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar