Rabu, 20 Mei 2015

Kelurahan Salok Api Laut Mewakili Kecamatan Samboja dalam Lomba Kelurahan / Desa Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara



HM Syamsie Djuhri : Delapan indikator yang dinilai dalam Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Kabupaten 2015.

Pesisir Post, April 2014. Upaya menngkatkan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan berkelanjutann yang berbasis masyarakat merupakan aspek penilaian Lomba Kelurahan dan desa yang diselenggarakan pemerintah setiap tahun. Demikian yang disampaikan HM Syamsie Djuhri, Kepala BAPEMAS dan PEMDES Kab Kukar selaku penanggungjawab Tim Penilai Lomba Kelurahan Dan Desa Tingkat Kabupaten Kutai Kartanaegara, Selasa 14/4/2015 bertempat di ruang pertemuan Kelurahan Salok Api Laut.
Lebih lanjut Syamsie  mengatakan, “ Lomba kelurahan dan desa Tingkat Kabupaten ini merupakan agenda rutin nasional dilaksanakan per tahun. Hal ini  berdasarkan Permendagri Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, dimana penilaiannya dilakukan secara berjenjang.”
Tim penilai tersebut terdiri dari perwakilan SKPD, yaitu ; Bappamas dan Pemdes, Disperindakop, Badan Perpustakaan dan arsip daerah, Bappeda, Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pendidikan, Kesbanglinmaspol, Sekretariat daerah. Juga Tim Penggerak PKK dan perwakilan organisasi kemasyarakatan Kabupaten.
Sutranstono, S.Sos Lurah Salok Api Laut mengapresiasi dan berterima kasih kepada Camat  Samboja dan jajarannya, dimana kelurahan yang berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan mewakili kecamatan dalam lomba kelurahan dan desa yang merupakan agenda rutin tahunan. “Tentunya, kelurahan memerlukan bantuan dari semua pihak, baik dari pemerintah kecamatan maupun organisasi-organisasi kemasyarakatan. Tanpa dukungan tersebut. niscaya kami tidak mampu menampilkan yang  terbaik,” ujarnya merendah.
Budiyanto, S.Sos, MM, Kasi PMD Kecamatan mewakili Camat Samboja telah menyampaikan informasi lomba tersebut kepada seluruh kelurahan di wilayah samboja. Dikarenakan diperlukan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dalam menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam penilaian.
“Terlebih, Kelurahan Salok Api Laut salah satu kelurahan / desa yang melaksanakan program desa mandiri tahun 2013 silam. Sehingga dianggap mampu dan berhasil menjalankan program kabupaten tesebut. Juga dengan sejumlah prestasi yang ditorehkan baik di tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi,” sambung Budiyanto. 
Ada delapan indikator yang dinilai dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten ini, diantaranya pertama pendidikan, kedua keseha-tan masyarakat dimana salah satu-nya keberadaan posyandu, penggu-naan air bersih, ketiga ekonomi mas-yarakat, bagaimana pemberda-yaan ekonomi masyarakatnya, keempat keamanan dan ketertiban, dalam hal ini mengaktifkan Siskamling, kelima partisipasi masyarakat, bagaimana partisipasi masyarakat dalam bergotong royong serta peran LPM terhadap kemajuan kelurahan salok api laut itu sendiri, keenam pemerintahan, ketujuh lembaga pemasyarakatan (Karang Taruna, LPM, RT, Lembaga Adat) dan yang terakhir dinilai atau kedelapan adalah pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Dengan membandingkan data tingkat perkembangan penduduk dan potensi yang dimiliki selama dua tahun terakhir (2013-2014) berdasarkan data Profil Desa dan Kelurahan.

Penilaian lomba kelurahan dan desa tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2015 diikuti oleh tiga kecamatan dan tiga desa. Antara lain; Kecamatan Samboja, Muara Jawa dan Sanga-Sanga. Serta desa di Muara Badak, Loa Janan dan Kota Bangun (FD). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar