Selasa, 02 Juni 2015

IPAL RSUD ABADI, Pertama di Kaltim gunakan system Biofilter

Menurut Kabid Bina Program RSUD Abadi Samboja, Burhanuddin, S.Ag, M.Si. menyampaikan bahwa IPAL dengan menggunakan system Biofilter digunakan di Kaltim yang pertama adalah di RSUD Abadi.
IPAL system Biofilter adalah IPAL yang dalam prosesnya menggunakan proses gabungan antara proses anaerob dan aerob, yang memanfaatkan bakteri untuk memanfaatkan bakteri untuk menguraikan polutan dalam air limbah, sebagai media tempat melekatnya biomasa/bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak.
Media yang dipilih juga harus sesuai, media yang dipilih harus anti rusak, anti buntu, ringan dan mempunyai surface aera besar.
Untuk kesempurnaan pertumbuhan bakteri/biomassa pengurai diperlukan juga oksigen, kebutuhan oksigen biomassa disuplai oleh supplier.
Dengan IPAL system Biofilter penurunan zat organic dalam air limbah (BOD, COD), ammonia padatan tersuspensi (SS), phosphate dan lain-lain bias turun secara signifikan, sehingga air output hasil proses IPAL dapat memenuhi/lebih bagus dari peraturan syarat buang yang dipersyaratkan oleh pemerintah.
Kelebihan IPAL system biofilter antara lain :
1.       Mutu output terjamin.
2.       Kebutuhan lahan relative.
3.       Maintenance mudah.
4.       Biaya operasi rendah.
5.       Volume lumpur kecil.
6.       Kebisingan & bau minimal.
7.       Bias dipindah ke lokasi baru.
8.       Waktu start up lebih cepat.
9.       Tahan fluktuasi debit & polutan.
10.   Dari segi estetika menarik.
11.   Tidak mengganggu saat pemasangan.

12.   Mudah diupgrade/tambah kapasitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar